Contoh Perjanjian Surat Kontrak Kerja Karyawan

  • admin July 7, 2022
  • 74 Views

Kamu baru menerima surat kontrak kerja karyawan? Surat kontrak ini merupakan tahap awal kamu bergabung di perusahaan baru. Tapi, kamu masih harus menandatanganinya terlebih dahulu. Sebelum tanda tangan, ada baiknya kamu tahu halp-hal seputar kontrak kerja karyawan. Yuk intip pembahasannya! 

Format surat kontrak kerja karyawan

Sebelum masuk ke pembahasan contoh, kamu juga perlu ketahui terlebih dahulu format pembuatan surat kontrak kerja karyawan. 

Dilansir dari laman Justika.com, berikut adalah format yang bisa kamu gunakan. 

  1. Kesepakatan umum dan pengertian
  2. Hak dan kewajiban perusahaan dan pekerja/buruh
  3. Ruang lingkup dan definisi karyawan
  4. Kesepakatan jam kerja
  5. Kesepakatan bonus dan gaji
  6. Kesepakatan prosedur pemecatan, pengunduran diri (resign) dan kelalaian
  7. Solusi jika ada konflik atau perselisihan
  8. Kesepakatan jika terjadi hal di luar dugaan/force majeure
  9. Tanda tangan disertai materai

Baca juga: Contoh Surat Kontrak Kerja Karyawan: Syarat Sah, Cara Membuat dan Format

 

Nah, dari format di atas, kamu bisa mengamati struktur penulisan surat kontrak kerja karyawan. Bagaimana dengan contoh suratnya? Yuk simak di poin berikutnya! 

Contoh perjanjian surat kontrak kerja karyawan

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut contoh-contoh perjanjian surat kontrak kerja karyawan. 

1. Contoh perjanjian surat kontrak kerja karyawan

Dikutip dari laman Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII), berikut salah satu contoh perjanjian surat kontrak kerja. 

Surat kontrak kerja karyawan yang terdiri 8 lembar ini berisi tentang masa kerja, tata tertib perusahaan, jam kerja, penempatan tugas serta tanggung jawab, perpanjangan masa kontrak kerja, gaji pokok dan tunjangan, lembur, cuti, pengobatan, kerja rangkap, pemutusan hubungan kerja (PHK), pengunduran diri, hingga penyelesaian perselisihan. 

 

2. Contoh perjanjian surat kontrak kerja karyawan waktu tertentu

Dikutip dari laman Layanan Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS), berikut adalah salah satu contoh perjanjian surat kontrak kerja karyawan waktu tertentu. 

Surat kontrak kerja karyawan tersebut terdiri dari pengenalan pihak pertama dan pihak kedua, keterangan gaji pokok dan tunjangan-tunjangan, pengunduran diri, dan penyelesaian perselisihan.

 

3. Contoh perjanjian surat kontrak kerja karyawan waktu tertentu

Selain contoh perjanjian surat kontrak kerja karyawan, kamu juga bisa melihat contoh surat kontrak kerja tenaga penanganan COVID-19. Dikutip dari laman CORONA Provinsi Sumatera Barat (corona.sumbarprov.go.id), berikut contoh suratnya. 

Surat kontrak tersebut berisi tentang deskripsi tugas pekerjaan, hak dan kewajiban, masa kerja, PHK. Tidak lupa juga, surat kontrak kerja ini juga menyertakan identitas pihak pemberi kerja dan pekerja. Keduanya merupakan syarat sahnya sebuah surat kontrak kerja karyawan. 

 

Nah itulah contoh-contoh perjanjian surat kontrak kerja karyawan dari berbagai sumber. Kamu ingin membuat surat kontrak kerja karyawan? Coba di Initio yuk! 

Dengan menggunakan teknologi otomasi, membuat kontrak di Initio jadi lebih mudah dan cepat. Kamu cukup pilih perjanjian kerja, ikuti alur pertanyaaan dan berikan jawaban yang lengkap. Dalam beberapa menit, kontraknya siap pakai deh! 

 

Coba sekarang yuk!