Contoh Surat Kuasa Tanah

  • admin July 8, 2022
  • 167 Views

Melakukan jual-beli tanah adalah hal umum di Indonesia. Tapi ada kalanya kamu tidak dapat melakukannya sendiri dan perlu memberikan surat kuasa kepada orang lain untuk melakukan proses jual beli tersebut. Seperti apa sih contoh surat kuasa tanah? Yuk scroll lebih lanjut! 

Sekilas tentang surat kuasa tanah

Dirangkum dari laman Justika, secara umum, surat kuasa adalah surat yang berisi pernyataan antara pemberi kuasa dengan pemegang kuasa, dengan syarat, kedua pihak saling percaya dan amanah. 

Fungsi surat kuasa adalah sebagai bukti sah terkait pemindahan hak dan kewajiban pemberi kuasa ke pemegang kuasa. Lalu, bagaimana dengan surat kuasa tanah? Fungsinya juga sama teman-teman. Tujuannya agar pemegang kuasa bisa menjalankan tugas sesuai di surat kuasa. 

 

Apa yang perlu diperhatikan di surat kuasa tanah? 

Dilansir dari laman CNN Indonesia, ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan saat mengurus surat kuasa tanah, yakni: 

a. Menunjuk orang yang amanah

Karena fungsi surat kuasa adalah untuk memindahkan hak dan kewajiban tertentu dari pemberi kuasa, maka penerima kuasa harusnya orang dipercaya penuh oleh pemberi kuasa. 

b. Melengkapi dokumen persyaratan

Saat mengurus surat kuasa tanah, kamu perlu melengkapi dokumen persyaratan. Misalnya seperti kartu identitas seluruh ahli waris, salinan kartu keluarga, dan salinan surat tanah. 

Jika kamu memberikan surat kuasa tanah pada anak, sertakan pula legalisir surat nikah orang tua. 

c. Menyertakan materai

Dikutip dari Hukumonline.com mengacu pada Pasal 2 dan Pasal 3 ayat (2) PMK 70/2014, meterai dikenakan atas dokumen yang dibuat sebagai alat untuk menerangkan mengenai suatu kejadian yang bersifat perdata yaitu:

  1. surat perjanjian, surat keterangan, surat pernyataan, atau surat lainnya yang sejenis, beserta rangkapnya;
  2. akta notaris beserta grosse, salinan, dan kutipannya;
  3. akta Pejabat Pembuat Akta Tanah beserta salinan dan kutipannya;
  4. surat berharga dengan nama dan dalam bentuk apapun;
  5. dokumen transaksi surat berharga, termasuk dokumen transaksi kontrak berjangka, dengan nama dan dalam bentuk apa pun;
  6. Dokumen lelang yang berupa kutipan risalah lelang, minuta risalah lelang, salinan risalah lelang, dan grosse risalah lelang;
  7. Dokumen yang menyatakan jumlah uang dengan nilai nominal lebih dari Rp5 juta yang:
  1. menyebutkan penerimaan uang; atau
  2. berisi pengakuan bahwa utang seluruhnya atau sebagiannya telah dilunasi atau diperhitungkan; dan
  1. Dokumen lain yang ditetapkan dengan peraturan pemerintah.

 

d. Membuat surat keterangan ahli waris

Setelah semua dokumen persyaratan untuk membuat surat kuasa lengkap, kamu bisa minta surat pengantar ke RT/RW supaya bisa membantu menyaksikan penandatanganan surat kuasa tersebut oleh para ahli waris. 

Langkah apa lagi yang perlu dilakukan? Kamu juga perlu membuat surat kuasa di pengadilan. Yuk cek pembahasan berikutnya!

e. Membuat surat kuasa di pengadilan

Cara ini termasuk cara terakhir untuk mengurus dan membuat surat kuasa tanah. . Namun kamu perlu pastikan surat kuasa beserta dokumennya lengkap. 

Lama waktu pembuatan surat kuasa ini diatur pada ketentuan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 1998 Tentang Penyelesaian Perkara. Isinya adalah “…perkara-perkara di Pengadilan harus diputus dan diselesaikan dalam waktu 6 (enam) bulan…”. Hal ini juga termasuk perkara perdata umum, perdata agama, dan perkara tata usaha negara. 

 

Baca juga: Seberapa Penting Sih Surat Pernyataan Jual Beli Tanah?

Contoh surat kuasa tanah

Nah setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengurus surat kuasa tanah, saatnya melihat contoh surat kuasa tanah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 3 contoh surat kuasa tanah. 

1. Contoh surat kuasa tanah secara umum

Dirangkum dari laman Rumah.com, format berikut ini bisa kamu gunakan untuk membuat surat kuasa tanah.

 

 

2. Contoh surat kuasa tanah dalam hal pengambilan sertfikat tanah

Tidak hanya surat kuasa tanah saja, kamu juga bisa membuat surat kuasa untuk pengambilan sertifikat tanah. Jika kamu berhalangan hadir, kamu bisa gunakan surat kuasa ini dan mempercayakan orang yang amanah untuk mengambil sertifikat tanah tersebut. Berikut contohnya.

 

 

3. Contoh surat kuasa tanah dalam hal warisan

Kamu juga bisa membuat surat kuasa tanah warisan. Sebelum membuatnya, pastikan kamu sudah mendapatkan persetujuan dari ahli waris. Berikut contoh surat kuasa tanah warisan yang dilansir dari laman 99.co.

 

Itulah contoh surat kuasa tanah dari berbagai sumber. Kamu ingin membuat surat kuasa? Coba Initio aja! Pilih opsi surat kuasa, ikuti alur pertanyaan dan berikan jawaban yang sesuai. Dalam beberapa menit, surat kuasa yang kamu inginkan siap pakai deh! 

Coba Initio yuk!