Jenis-Jenis Surat Perjanjian Kerja Karyawan Menurut UU Ketenagakerjaan

  • admin June 10, 2022
  • 127 Views

Diterima bekerja di sebuah pekerjaan tentu membuat kamu senang. Rasanya, tidak menyangka ya bakal diterima. Tetapi, ada hal-hal tertentu yang perlu kamu perhatikan sebelum menandatangani surat perjanjian kerja karyawan. Salah satunya adalah jenis surat perjanjian kerja karyawan yang diberikan.

Jenis-jenis surat perjanjian kerja karyawan menurut UU Ketenagakerjaan

Mengetahui jenis-jenis surat perjanjian kerja karyawan akan membantu kamu untuk mengetahui kewajiban dan hak sebagai pekerja/buruh. 

Di Indonesia, setidaknya terdapat dua jenis surat perjanjian kerja karyawan berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yakni: 

a. Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)

Surat Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) adalah surat perjanjian kerja karyawan dengan perusahaan dalam waktu tertentu. Karyawan dipekerjakan untuk jenis pekerjaan yang sifatnya sementara, sebagai penunjang kegiatan utama dalam perusahaan atau pekerjaan yang sifatnya project basis.

Surat perjanjian kerja karyawan waktu tertentu ini bisa kamu dapatkan ketika perusahaan memberi batas waktu perjanjian dalam kontrak kerja. Dalam situasi ini, tidak ada masa percobaan atau probation, dan kamu tidak diberikan pesangon jika diberhentikan saat kontrak kamu habis. 

Bagaimana dengan surat perjanjian kerja waktu tidak tentu? 

b. Surat Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tentu (PKWTT)

Surat Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tentu (PKWTT) adalah surat perjanjian kerja karyawan dengan perusahaan secara tetap atau permanen. Surat perjanjian kerja ini bisa diberikan ketika kamu diangkat menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan. 

Perjanjian kerja waktu tidak tentu bisa diberikan secara tertulis dan lisan. Nah jika kamu mendapatkan surat perjanjian kerja karyawan tetap, pastikan selalu perhatikan poin-poinnya. Misalnya saja soal THR dan tunjangan, peraturan resign, peraturan PHK, jam kerja dan cuti, serta status kepegawaian. 

 

Baca juga: 5 Contoh Surat Kerja Sama Usaha yang Benar 

Terdapat revisi pada UU Ketenagakerjaan

Meski dua jenis surat perjanjian kerja di atas masih berlaku di Indonesia, namun ada beberapa poin yang direvisi seiring adanya revisi UU Ketenagakerjaan menjadi UU Cipta Kerja. 

Pada Pasal 59 di UU Ketenagakerjaan, pasal tersebut mengatur tentang batasan PKWT. Namun ketika UU Cipta Kerja diresmikan, pasal tersebut dihapus. Padahal isi pada pasal tersebut adalah tentang kontrak perjanjian PKWT di sebuah perusahaan paling lama 3 tahun. Perusahaan wajib mengangkat pekerja/buruh sebagai karyawan tetap (PKWTT) setelah lewat masa 3 tahun. Namun di UU Cipta Kerja, aturan tersebut dihapus karena dianggap tidak fleksibel dan memberatkan dunia usaha. Dengan begitu, PKWT bisa saja diperpanjang hingga 5 tahun lebih. 

Nah, dengan mengetahui jenis-jenis surat perjanjian kerja karyawan, kamu memiliki acuan untuk bernegosiasi dalam membuat kontrak kerja dengan perusahaan. Selain itu, perjanjian yang tertulis akan mengurangi resiko perselisihan antara pihak pemberi kerja dengan pekerja/buruh karena seluruh hak, kewajiban serta tanggung jawab masing-masing pihak jelas tertulis di dalam kontrak.

 

Bagaimana sih contoh surat perjanjian kerja karyawan? Initio akan bahas di artikel selanjutnya ya! Stay tune terus! 

Ingin buat surat perjanjian kerja karyawan untuk perusahaan kamu? Buat di Initio saja! Initio adalah situs otomasi kontrak, sehingga membuat kontrak jadi lebih mudah. Cukup pilih jenis kontrak yang kamu inginkan, ikuti alur pertanyaan dan berikan jawaban yang sesuai. Dalam beberapa menit, surat yang kamu inginkan siap pakai deh. 

 

Yuk buat kontrak kamu!

 

Sumber:

https://money.kompas.com/read/2020/12/01/064306726/perbedaan-pkwt-dan-pkwtt-serta-perubahannya-di-uu-cipta-kerja?page=all 

https://www.gadjian.com/blog/2021/03/05/aturan-karyawan-kontrak-pkwt-pp-uu-cipta-kerja/ 

https://blog.justika.com/ketenagakerjaan/kontrak-kerja-karyawan/ 

https://glints.com/id/lowongan/contoh-surat-perjanjian-kerja/#.YoW_P5NBz0t 

https://www.ekrut.com/media/surat-perjanjian-kerja