Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah yang Benar

  • admin July 9, 2022
  • 225 Views

Ingin mengontrak rumah? Pastikan kamu mengetahui dokumen-dokumen yang diperlukan agar transaksi sah dan legal. Yuk baca selengkapnya contoh surat perjanjian kontrak rumah yang benar! 

Sekilas tentang surat perjanjian kontrak rumah

Secara umum, surat perjanjian adalah surat yang berisi kesepakatan kedua belah pihak secara tertulis. Surat perjanjian umumnya berisi tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak yang saling mengikatkan diri. 

Lalu, bagaimana dengan surat perjanjian kontrak rumah? Hampir sama seperti surat perjanjian pada umumnya, namun tujuannya adalah untuk kepentingan kontrak rumah. Surat perjanjian kontrak rumah atau sewa-menyewa rumah adalah surat perjanjian secara tertulis antara pemilik rumah dengan penyewa rumah. 

Apa saja yang perlu diperhatikan saat menulis surat perjanjian kontrak rumah? Yuk scroll poin berikutnya!

Hal yang perlu diperhatikan saat menulis surat perjanjian kontrak rumah

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat menulis surat perjanjian kontrak rumah, di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Identitas jelas

Agar surat perjanjian kontrak rumah lebih jelas, pastikan kamu dan pihak pemilik rumah menyertakan identitas lengkap. Identitas tersebut dapat berupa KTP, NPWP, alamat dan , nomor ponsel. 

2. Pasal-pasal detail dan jelas

Dalam sebuah surat kontrak, pastikan kamu menuliskan pasal-pasal secara jelas dan detail. Masukkan hal-hal apa yang ingin dicapai oleh kedua belah pihak pada pasal-pasal tersebut, sehingga apabila ada salah satu pihak yang tidak melaksanakan apa yang sudah disepakati, kamu bisa menindaklanjuti atau meminta pertanggungjawaban. 

Jelaskan pasal-pasal tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami, langsung ke inti, dan tidak bersifat umum. 

Di samping itu, kamu juga perlu menyertakan pasal sanksi seperti di pembahasan poin berikutnya. 

3. Tertera sanksi

Penulisan pasal sanksi dibutuhkan ketika penyewa terlambat membayar, merusak aset inventaris, atau keteledoran lainnya. Pasal sanksi dapat kamu tuliskan satu per satu di surat perjanjian kontrak rumah. 

Adanya pasal sanksi bertujuan supaya properti kamu tidak disalahgunakan dan tidak diperlakukan sewenang-wenang. 

4. Bermeaterai

Pada dasarnya seluruh dokumen yang dibuat sebagai alat untuk menerangkan mengenai suatu kejadian yang bersifat perdata harus diberi meterai. Tujuannya agar dokumen ini dapat dijadikan alat bukti di pengadilan ketika terjadi sengketa.

Contoh surat perjanjian kontrak rumah yang benar

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah contoh surat perjanjian kontrak rumah yang bisa kamu coba. 

1. Contoh surat perjanjian kontrak rumah

Dikutip dari laman Kompas.com, berikut contoh surat perjanjian kontrak rumah.  

 

Baca juga: 4 Contoh Surat Perjanjian Sewa-Menyewa

2. Contoh surat perjanjian kontrak rumah lainnya

Contoh lain yang dikutip dari laman Rumah.com, kamu bisa melihat surat perjanjian kontrak rumah atau sewa rumah lainnya berikut ini. 

 

 

 

 

Itulah contoh-contoh surat perjanjian kontrak rumah. Kamu ingin membuat surat perjanjian kontrak rumah juga? Coba di Initio aja! 

Bikin surat perjanjian kontrak rumah di Initio, cukup dengan mengikuti alur pertanyaan dan jawab dengan lengkap. Tadaa! Dalam beberapa menit surat perjanjian kontrak rumah siap kamu pakai. 

 

Yuk buat kontrak kamu sekarang!