FaQ

Initio adalah perangkat lunak berbasis internet yang memberikan kemudahan dalam membuat dokumen perjanjian atau kontrak. Apabila anda biasa mencari contoh kontrak di internet, sekarang anda bisa mendapatkannya di website Initio.

Initio memungkinkan pengguna untuk membuat dokumen hukum yaitu kontrak atau perjanjian secara otomatis. 

Baik orang perorangan maupun pemilik usaha mikro, kecil atau menengah dapat mendaftar sebagai pengguna.

  • Pertama-tama, silakan pilih Bahasa layanan. Initio bisa menyediakan layanan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Bahasa yang anda pilih di awal akan menentukan bahasa kontrak anda;
  • Kedua, Anda harus membuat Akun di web https://initio.id. Jangan lupa untuk memberikan informasi yang lengkap dan benar;
  • Ketiga, pilih dokumen perjanjian atau kontrak yang ingin Anda buat dari daftar yang tersedia;
  • Keempat, buat jadwal konsultasi dengan konsultan hukum yang akan membantu Anda menjelaskan isi dokumen;
  • Kelima, sebelum Anda dapat membuat kontrak, Anda harus lakukan pembayaran. Silakan ikuti petunjuk cara membayar;
  • Keenam, setelah pembayaran kami terima, Anda dapat langsung membuat kontrak dengan mengikuti petunjuk yang ada. Jangan lupa untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepada Anda dalam tahap ini.

Saat ini Anda dapat membuat Surat Kuasa, Perjanjian Sewa Menyewa Rumah atau Apartemen, Perjanjian Kerja Karyawan Tetap atau Tidak Tetap dan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas.

Surat Kuasa:

Surat kuasa adalah surat yang anda buat apabila anda tidak dapat melakukan suatu tindakan sendiri, karena ada suatu halangan misalnya anda sakit atau berada di luar kota atau luar negeri. Karena anda berhalangan, maka anda harus mengalihkan pelaksanaan tindakan tersebut kepada orang lain supaya orang tersebut dapat melakukan tindakan tersebut untuk anda. Pengalihan ini harus dilakukan secara tertulis dalam bentuk surat kuasa. 

Isi surat kuasa yang umum adalah kuasa untuk menjadi wakil dalam urusan perbankan, urusan jual beli kendaraan bermotor atau harta benda lainnya, pengambilan atau penyerahan barang/dokumen, pengurusan dokumen pribadi/perusahaan dan hal-hal lainnya yang sejenis dengan yang telah disebutkan di atas.

Perjanjian Sewa Menyewa Rumah atau Apartemen

Perjanjian sewa menyewa adalah dokumen yang anda buat apabila anda memiliki rumah atau apartemen yang ingin anda sewakan untuk jangka waktu tertentu. Supaya si penyewa mengetahui hal-hal apa yang menjadi hak dan kewajibannya selama ia menyewa rumah atau apartemen anda, maka anda dan penyewa harus menuangkannya ke dalam suatu dokumen perjanjian.

Isi perjanjian sewa menyewa yang umum harus mencakup keterangan tentang obyek (rumah atau apartemen) yang disewa. Antara lain: alamat lengkap, luas, jumlah kamar tidur dan kamar mandi. Selain itu perjanjian sewa dapat mencakup keterangan mengenai hal-hal yang termasuk dalam obyek sewa. Misalnya: apakah perabotan termasuk, apakah ada AC, apakah ada listrik, air dan gas, apakah ada fasilitas lain dalam rumah atau apartemen seperti kolam renang, tempat olahraga, dsb.

Perjanjian Kerja Karyawan Tetap atau Tidak Tetap

Perjanjian kerja adalah dokumen yang anda tanda tangani ketika anda bekerja di suatu tempat. Perjanjian kerja dibagi untuk dua jenis status pekerja yaitu karyawan tetap atau karyawan tidak tetap.

Isi perjanjian kerja yang umum harus mencakup jenis pekerjaan, nama jabatan, tugas dan tanggung jawab karyawan, masa kerja, hari dan jam kerja, cuti, gaji, bonus dan manfaat lainnya serta hal-hal yang merupakan pelanggaran yang tidak boleh dilakukan oleh karyawan.

Anggaran Dasar Perseroan Terbatas (PT)

Anggaran Dasar adalah dokumen yang diperlukan apabila seseorang ingin membuat PT. 

Isi anggaran dasar yang umum adalah keterangan mengenai para pemegang saham atau pemilik modal dalam PT tersebut, berapa modal yang dimiliki oleh masing-masing pemegang saham untuk PT tersebut. Kemudian harus ada informasi mengenai bisnis atau bidang usaha PT dan siapa-siapa saja yang akan duduk sebagai direktur dan komisaris PT.


Setelah anda membuat kontrak, mungkin saja anda tidak memahami isi kontrak tersebut sehingga butuh penjelasan dari seorang konsultan hukum. Atau mungkin ada beberapa hal dalam kontrak yang ingin anda ubah tetapi anda ingin berdiskusi dahulu dengan seorang konsultan hukum mengenai perubahan tersebut.

Anda dapat membayar dengan cara transfer ke rekening Initio, Gopay, OVO, dsb.

Apabila anda lupa password, silakan klik “Lupa Password” Ketika anda mencoba untuk login. Kami akan mengirimkan link/tautan untuk reset password ke e-mail anda yang terdaftar pada system kami Ketika anda mendaftar pertama kali.